Sunday, April 26, 2015

5 Hal Yang Sering Membuat Anda Terganggu Saat Belajar

Sumber Gambar : schoolweb

    Dalam belajar kita seringkali melakukannya dengan berbagai cara agar pelajaran tersebut bisa terserap dalam pikiran kita dan mengerti hingga ke akar-akar pelajaran tersebut. Namun ada juga yang sudah berusaha untuk belajar selama mungkin, tetapi tidak terserap dengan maksimal.
    
     Banyak yang sering bertanya-tanya mengapa kita sudah belajar dengan maksimal, namun tidak ada hasilnya atau hasilnya kurang baik. Nah disini RayCompaniesNews akan mengutarakan beberapa hal penyebab kita sering tidak bisa menyerap pelajaran yang kita pelajari.


1. Bermain Gadget Saat Belajar

    Tak dapat dipungkiri lagi bahwa kemajuan teknologi sekarang semakin pesat dan terciptalah berbagai jenis barang elektronik yang canggih-canggih seperti salah satunya yaitu SmartPhone. Banyak pelajar sekarang ketika sedang belajar, ia sering berhenti sejenak untuk bermain handphonenya atau pun barang elektonik canggihnya, sehingga proses belajarnya pun terganggu. Penelitian yang di lakukan di Harvard University bahwa jika remaja usia 17 - 21 tahun yang belajar sambil bermain Gadgetnya, akan terus memproduksi neuron didalam otaknya, sehingga membuat otak menjadi malas untuk berfikir secara teori. 


2. Selalu berpatokan pada contoh soal
      
     Sikap dan tindakan yang seperti ini menandakan bahwa kita malas untuk berfikir atau selalu maunya yang instan saja tanpa berfikir terlebih dahulu sehingga logika berfikirnya tak jalan. Ini juga akan membuat kita sulit saat menerima soal-soal baru nantinya, karena telah fokus pada soal-soal contoh yang telah ada jawabannya. Pada saat soal diubah dengan variasi yang berbeda, itu akan membuat anda kesulitan untuk menjawabnya. Jadi cobalah untuk mengerjakan soal-soalnya yang tak ada jawabannya, agar bisa melatih pola pikir anda dengan baik.


3. Mengantuk
        
         Jangan main-main dengan hal yang satu ini, karena hal ini akan membuat anda benar-benar tak bisa berfikir dengan baik. Mengantuk saat belajar adalah hal yang lazim sering terjadi pada pelajar karena beberapa faktor. Jadi sebaiknya aturlah waktu istirahat dengan baik atau pada saat anda belajar namun tiba-tiba mengantuk, coba buatlah segelas kopi yang sehat seperti kopi luwak, atau jika ingin yang lebih sehat cobalah anda berhenti sejenak dan lakukan hal-hal seperti lari ditempat, push up agar anda kembali bugar dan satu lagi yang lebih simpel yaitu basuh wajah anda dengan air agar lebih fokus lagi.


4. Waktu belajar yang tak seimbang dengan istirahatnya

        Banyak para pelajar pada saat belajar, mereka lebih sering istirahat dibanding dengan belajarnya dengan kata lain tak balance antara belajar dan istirahatnya, misalnya belajar 1 jam istirahatnya 1.5 jam. Jadi sebaiknya selesaikanlah dulu apa yang anda pelajari dan jangan menunda-nunda waktu belajarnya. Seorang pakar Manajemen asal Amerika mengatakan bahwa ciri-ciri orang yang akan sukses itu ialah dengan tidak menunda waktunya untuk melakukan sesuatu. Jadi belajarlah untuk menyeimbangkan waktu belajar dan istirahat.


5. Belajar sambilan dengan melakukan hal yang lain
  
      Untuk hal yang terakhir ini memang banyak sering terjadi, khususnya pada kalangan remaja ABG, tetapi hal ini jugalah yang membuat kita tak fokus sehingga belajar pun tak maksimal. Melakukan hal lain saat belajar seperti belajar sambil nonton TV atau film. Hal itu membuat kefokusan otak kita menjadi terpecah belah menjadi 2 bagian, jika sudah terbagi menjadi 50 : 50 maka, kinerja pun tak ada sempurna. Fokuslah dalam belajar agar mendapat hal yang maksimal.


        Itu lah beberapa hal yang sering terjadi pada saat kita belajar, jadi sebaiknya hilangkanlah hal-hal tersebut agar kita dapat mendapatkan apa yang kita pelajari dengan maksimal dan memuaskan untuk diri kita sendiri dan tidak ada kekecewaan nantinya.

2 comments

Setuju sekali...
Visit back riswanrswnart.blogspot.com

https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=6854989121805278519#overview


EmoticonEmoticon