Saturday, February 14, 2015

Hewan-Hewan Terbesar Sepanjang Sejarah

Tags

http://raycompanies.blogspot.com/2015/02/hewan-hewan-terbesar-sepanjang-sejarah.html

   Pada Masa Sekarang, mungkin hewan terbesar yang masih hidup hanya Paus Biru. Namun, di zaman dinosaurus hidup, hewan-hewan memiliki ukuran raksasa yang besarnya puluhan kali lipat dari hewan-hewan yang biasa kita lihat di masa sekarang. Di antara hewan-hewan besar yang pernah hidup di bumi, berikut ini adalah beberapa yang dianggap paling besar sepanjang masa.


Argentinosaurus, Hewan Darat Terbesar
   Argentinosaurus adalah hewan darat paling besar sepanjang masa. Ia hidup pada zaman cretaceous atau 100 juta tahun yang lalu. Dengan tubuh sepanjang 45 meter dan berat hingga 95 ton, hewan ini 30 kali lebih besar dibanding gajah Afrika. Mereka bisa hidup berkelompok dan sering kali menjadi sasaran predator raksasa lainnya semacam Goganotosaurus.


Ornithocheirus, Hewan Terbang Terbesar
   Ornithocheirus merupakan hewan terbesar yang pernah terbang. Bentangan sayapnya dari ujung ke ujung mencapai 18 meter atau 46 kaki. Hewan besar ini dapat terbang karena tubuhnya berongga sehingga memudahkannya untuk memangsa di udara. Ornithocheirus menjadikan ikan sebagai santapannya. Meskipun hewan ini besar, seringkali ia menjadi santapan hewan besar lainnya, semisal Deinosuchus atau Sarchosucus.


Giganotosaurus, Predator Darat Terbesar
   Struktur tubuh Giganotosaurus mirip Tyrannosaurus-rex, tetapi lebih tinggi. Jika tubuh T-rex hanya setinggi 9 meter, maka Giganotosaurus dewasa mencapai tinggi 13 meter. Ia dinobatkan sebagai predator darat terbesar sepanjang masa. Hewan ini hidup berkelompok dan biasa memangsa hewan besar lain semisal Argentinosaurus dewasa.


Liopleurodon, Predator Laut Terbesar
   Jika Giganotosaurus menjadi penguasa daratan, Liopleurodon adalah predator lautan. Hewan yang hidup pada 140 juta tahun yang lalu itu memiliki panjang hingga 25 meter, ukuran tengkorak sepanjang 5 meter, dan dilengkapi gigi-gigi mengerikan sepanjang 30 cm. Ia biasa memangsa paus dan berdaging lainnya di lautan.


Megalodon, Hiu Purba Terbesar
   Dianggap hiu yang hidup di masa purba, Megalodon merupakan nenek moyang hiu modern dan tentunya memiliki ukuran tubuh yang luar biasa besar. Megalodon kecil berukuran sekitar 6 meter panjangnya, sedangkan Megalodon dewasa berukuran sekitar 18 meter atau sebesar kapan. Makanan raksasa laut ini biasanya seekor paus. Cara mereka makan pun sama dengan hiu modern.


Sarcosuchus, Predator Amfibi Terbesar
   Sarcosuchus adalah keluarga dekat buaya paling besar dalam keluarga buaya. Sebagaimana buaya modern, Sarcosuchus juga bisa hidup di air dan darat. Tubuh hewan ini sepanjang 50 kaki, dengan berat sekitar 8 sampai 10 ton atau setara dengan ukuran sebuah bus. Sebegitu besarnya, Sarcosuchus kadang bisa memakan seekor dinosaurus raksasa yang sedang minum air di sungai tempat ia tinggal.


Deinosuchus, Hewan Amfibi Terbesar
   Deinosuchus merupakan nenek moyang keluarga buaya. Jika Sarcosuchus memiliki mulut panjang, mulut deinosuchus lebih pendek. Hewan ini diperkirakan memiliki gigi sepanjang 10cm dan mulutnya memiliki kekuatan gigitan dua kali gigitan dua kali gigtan singa.

   Tubuh hewan ini sepanjang 45 kaki, dan berat sekitar 12 ton. Meski ukuran tubuhnya besar, ia juga bisa meloncat tinggi. Deinosuchus bisa memakan seekor Pterodactyl ukuran dewasa.


Paus Biru, Hewan Terbesar Modern
   Paus biru (blue whale) ialah hewan terbesar untuk zaman modern seperti sekarang ini dan dianggap sebagai hewan paling besar di masa kini. Anggapan itu memang pantas karena hewan ini memiliki panjang sekitar 100 kaki, dengan berat lebih dari 50 ton. Uniknya, meski tubuhnya sangat besar, hewan ini hanya memakan plankton dan organisme kecil di dalam laut.


  
   Itulah beberapa jenis hewan-hewan terbesar sepanjang sejarah yang telah di rangkum oleh RayCompaniesNews. Mungkin dengan seiring berjalannya waktu akan ada hewan-hewan pemecah rekor terbesar lainnya.

1 comments so far

Waduh ternyata banyak yah :D.
kombal di http://6juni2000.blogspot.com orr android-kukusan.blogspot.com


EmoticonEmoticon